Waktu Paling Tepat Mengenalkan Teknologi Kepada Anak-Anak

Waktu Paling Tepat Mengenalkan Teknologi Kepada Anak-Anak

Walaupun anak-anak memang masih kecil dan mungkin tidak terlalu paham akan apa itu teknologi, tapi tetap saja kita harus mengenalkannya. Apalagi jika lalai mengenalkannya dan mereka malah salah dalam penggunaan dan mengerti akan teknologi itu sendiri. Untuk itu, sebagai orang tua kita harus mengetahui waktu paling tepat mengenalkan teknologi kepada anak tersebut.


Waktu Paling Tepat Mengenalkan teknologi Kepada Anak
Anak-anak memang masih dalam masa pertumbuhan dan setidaknya harus mendapatkan pengajaran yang cukup agar bisa berkembang dengan baiki. Namun, jika masih di usia prasekolah yakni 3 tahun kebawah, sangat tidak disarankan untuk mengenalkannya terhadap teknologi seperti gadget maupun televisi. Hal ini dikarenakan organ-organ mereka masih dalam masa perkembangan, seperti mata, telinga maupun organ vital lainnya. sangat dikhawatirkan dampak jangka panjang jika balita sudah dikenalkan dengan teknologi canggih tersebut.

Namun, jika sudah menginjak usia prasekolah yakni 3 tahun ke atas, para orang tua sudah diperbolehkan untuk mengenalkan penggunaan teknologi ini. sebab, penelitian menyatakan hasil yang baik ketika anak-anak masa prasekolah yang belajar menggunakan gadget ataupun komputer lebih mudah mengembangkan kecerdasan mereka. Sebab, ada banyak metode pembelajaran menarik yang bisa mereka dapatkan dari teknologi canggih tersebut. Bahkan, ada beberapa jenis permainan menarik yang bisa menstimulasi kecerdasan anak-anak tersebut. Jadi, mereka akan lebih siap nantinya untuk bersaing bersama teman-temannya di sekolah. Namun, tetap saja, penggunaan media teknologi canggih tersebut tetap harus melalui pantaian para orang tua.

Peranan Orang Tua dalam Perkenalan Teknologi Kepada Anak
Seperti yang kita jelaskan di atas, memang, pengenalan teknologi di usia prasekolah ini baik untuk perkembangan kecerdasan, ketangkasan dan emosi anak. Tapi, tetap saja harus diawasi oleh orang tua. Para ahli sepakat untuk membebaskan anak-anak menggunakan teknologi tanpa pengawasan jika sudah menginjak usia 11 hingga 13 tahun. Sebelum usia itu, orang tua tetap harus mengawasi dan membimbing anak mereka. Sebab, anak-anak yang sudah bisa memencet atau menggunakan gadget, laptop maupun PC belum tentu bisa dibebaskan menggunakannya sendirian.